lazada

Waspadalah terhadap pewaris Ponzi part 4

Posted by: Tags: money gameReply
mmm_indonesia_logo_berbingkai

Pada tanggal 22 juli 1994 polisi menutup kembali perusahaan MMM, karena MMM menghindari pembayaran pajak. namun MMM masih sempat beroperasi meski hanya beberapa hari untuk tetap melanjutkan bisnis skema ponzy ini.  Bersamaan dengan itu juga, invest-consulting, salah satu anak perusahaan berutang lebih dari 50 miliar rubel (mata uang rusia) pajak (USD 26 juta), dan MMM sendiri berutang antara 100 miliar dan 3 triliun rubel kepada investor (dari USD 50 juta menjadi USD 1,5 milyar).

Hingga datanglah sebuah tragedi, dimana uanglah yang mencetuskan tragedi ini terjadi. Para investor tak mampu lagi menghadapi kenyataan yang ada, uang mereka tak akan pernah kembali, padahal yang mereka investasikan tidak hanya 1 atau 2 rubel saja, namun tak terhingga jumlahnya, lenyap bak asap ditelan angin. fenomena bunuh diri mulai ramai menjadi bahan berita terkait dengan kasus ini.

Banyak para organisasi dan para investor menuntut hak mereka pada MMM, kemarahan mereka mulai meledak. hingga akhirnya sergei mavrodi memanipulasi kemarahannya, dan memplokamirkan pada khalayak bahwa kebangkrutan ini karena pemerintahanlah penyebabnya. Dia juga berargumen bahwa pemerintah tidak bisa bertanggung jawab atas hilangnya uang para investor ini, sergei juga berjanji akan memulai program untuk pengembalian dana.

Para “investor tertipu” pun akhirnya memercayai penjelasan dari sergei mavrodi, hingga pada akhirnya mendukung sergei pada bulan agustus 1994, untuk menjadi anggota duma negara rusia. Meskipun polisi sempat memenjarakannya karena kasus penggelapan pajak. Sungguh tragis sekali. Tidak ada jeranya makhluk satu ini.

bersambung…..

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: