lazada

Si Jelek Yang Cantik

Si Jelek Yang CantikReviewed by on.This Is Article AboutSi Jelek Yang Cantik

Shaqule adalah sosok hewan yang mungil, cantik, berbulu indah, bentuknya menawan hati, setiap mata memandang ingin sekali memilikinya. Di siang hari, dia terbang kesana – kemari mencari sari bunga, yang menurutnya manis dan lezat. Namun tak sembarangan bunga dihisapnya, dia memilah dan memilih bunga yang  berkualitas tinggi.

Pada suatu ketika shaqule terdiam sejenak pada sebuah kelopak bunga yang sangat indah dan mengeluarkan aroma harum dan menenangkan, dia melamun seolah dia teringat akan masa lalunya yang sangat suram, sebelum dia berubah wujud menjadi seekor kupu – kupu. Dahulu kala, bentuk dan wajah shaqule sangat jelek, dia berujud ulat berbulu yang sangat menggelikan, bahkan setiap orang yang melihatnya jijik dan reflek ingin segera melemparnya jauh – jauh, karena bulu – bulunya membuat gatal dan alergi, belum lagi dia hanya memakan daun – daunan yang bergelantungan disekeliling ranting yang menghias indah di pohon yang menjulang tinggi dan berdiri kokoh diatas tanah berwarna coklat kehitaman, bahkan daun yang telah busuk dan jatuh berceceran ditanahpun juga dimakannya. Bahkan gerak tubuh shaqule waktu itu sangat lambat, menunjukkan kelemahan, kemalasan, ketakberdayaan, tak mampu melindungi dirinya, hal itu tampak jelas ketika dia berjalan diatas permukaan tanah, makhluk lain akan dengan mudahnya menginjak dan habis sudah riwayat hidupnya, tubuh kecil remuk redam, dan tak ada lagi yang bisa diperbuatnya kecuali pasrah pada nasib.

Disuatu malam yang hening, gelap, hanya temaram cahaya dari langit yang berkelip indah membuat suasana malam menjadi semakin memukau, ditambah dengan nyanyian serangga malam yang semakin menghanyutkan nurani yang lara. Shaqule segera bangun dari mimpi buruknya, dia berdoa pada sang pencipta, agar Dia merubah nasib dan memberikan yang terbaik pada hidupnya. Dia terus berdoa, merengek pada Dzat yang telah menciptakannya, bak seorang anak kecil yang meminta pada orang tuanya untuk dibelikan mainan. Tak hanya itu yang dilakukan shaqule, dia berusaha sekuat mungkin untuk berpuasa, dengan tujuan hal itu bisa membersihkan dirinya dari dosa yang pernah dilakukannya tempo dulu, dia juga terus mengoreksi dirinya apa saja dan sudah berapa kali dia melakukan hal yang membuat Tuhan murka kepadanya. Shaqule menangis penuh penyesalan dan berharap Sang pencipta mau memaafkan segala kekhilafannya.

Waktu demi waktu terus bergulir, shaqule tak henti – hentinya untuk terus melakukan proses taubat dengan mengurung diri dan terus menyebut namaNya yang indah. Hingga suatu ketika datang sebuah angin yang sangat kencang, hingga shaqule terpental hebat dari tempat semadinya hingga membuatnya tak sadarkan diri. Namun, beberapa waktu kemudian, dia dengan perlahan membuka matanya dan tersentak kaget melihat disekelilingnya tampak gelap dan pengap, bahkan kini ia tak mampu untuk bergerak, karena beberapa benang telah melilit kencang disekujur tubuhnya, tak mampu untuk teriak karena mulutnya juga ikut terbungkam oleh   benang – benang putih yang terus melilit tubuh shaqule yang semakin kurus.

Kini yang bisa ia lakukan adalah bersabar dan berdo’a, berharap Dia akan segera menyelamatkan penderitaannya yang semakin berat. Shaqule tak tahan lagi, dia tak bisa bernafas, hanya air mata yang mengisyaratkan ketakberdaayaannya. Setetes demi setetes air matanya mulai mengucur membasahi benang – benang yang semakin hari semakin tebal.

Beberapa saat kemudian benang – benang tersebut berubah menjadi tempurung yang mengungkungnya, kini tak ada lagi celah udara yang masuk sediktpun. Shaqule, terus berdoa dan menguatkan dirinya, bahwa Dia tak akan tega melihat hambaNya yang terus – menerus memohon dan merengek mengharapkan belas kasih padaNya. Shaqule juga merasa yakin, bahwa Tuhan tahu bahwa dirinya kuat dan mampu menjalani ujian ini, dengan cara inilah tuhan akan mengangkat derajatnya ke tempat yang lebih mulia dan lebih tinggi.

Sesaat shaqule merasa semakin lemas dan tak sadarkan diri, tiba – tiba dari kejauhan ada seberkas cahaya putih tiba – tiba datang menghampirinya dan menyelimuti tubuhnya yang tak berdaya. Seketika, matanya terbangun dan mulai berdiri menegakkan tubuhnya perlahan, “kretek…kretek…”, shaqule kaget mendengar bunyi itu, ternyata tempurung yang sangat keras, yang telah mengurung dirinya selama berhari – hari kini sedikit demi sedikit mulai retak dan  hancur, ada sebagian bongkahan tempurung jatuh ke tanah, shaqule mengintip dari balik lubang bongkahan tempurung, dia menggigil ketakutan karena saat ini dia bergelantungan di sebuah ranting pohon yang sangat tinggi.

Ketakutannya semakin menjadi, dia tak tahu apa yang akan terjadi jika tempurung ini hancur lebur. Beberapa detik kemudian, tempurung keras itu mulai hancur tak bersisa. Shaqule berteriak sangat kencang mengharapkan pertolongan dari siapapun. Namun tak ada yang bisa menyelamatkannya, shaqule memejamkan kedua matanya, dan merasakan keanehan telah terjadi pada dirinya, dia merasa melayang diangkasa, perlahan dia membuka matanya, ternyata apa yang dibayangkannya benar, dia terbang di angkasa dengan sepasang sayap yang indah dari balik punggungnya. Melihat kejadian tersebut shaqule teriak kegirangan, dan terbang kesana – kemari, hingga suatu ketika dia mendarat disebuah gedung yang tinggi dan berdinding kaca. Shaqule, terkesima melihat dirinya berubah wujud menjadi makhluk yang sangat indah. Kedua matanya tak berkedip sedikitpun, mulutnya menganga, rasa herannya tak terkendali.

Sesaat, lamunannya dipecahkan oleh seorang peri cantik yang datang menghampirinya.

“hallo ulat berbulu?”, sapa peri cantik pada shaqule.

“peri cantik, apa yang terjadi pada diriku?”, tanya shaqule.

“kini kamu bukanlah si ulat berbulu yang menggelikan lagi, kamu sekarang berubah menjadi seekor kupu – kupu yang sangat cantik, bahkan mereka yang dulu mencemoohmu, kini akan berbondong – bondong mengejar dan memperebutkanmu”, jelas peri cantik pada si ulat berbulu yang kini berubah menjadi kupu – kupu yang cantik jelita.

“tapi kenapa aku bisa menjadi seperti ini, peri?”, tanya shaqule yang semakin penasaran, seolah dia tak percaya dengan kenyataan yang dihadapinya saat ini.

“semua ini karena kegigihan, kesabaran dan keyakinanmu untuk berubah menjadi yang terbaik dalam hidupmu, bahkan kamu tak pantang menyerah dalam menghadapai ujian dari sang pencipta, para makhluk dikahyangan menangis terharu melihat perjuanganmu, kami semua  benar – benar salut, karena ketabahan hatimu, para makhluk dikahyangan turut serta mendo’akanmu”, ucap peri cantik yang menjelaskan pada shaqule dengan uraian air mata yang mengalir dari kedua matanya. Shaqule ikut menangis, merasa iba mendengar penjelasan dari peri cantik.

“kini kamu tak akan lagi memakan sembarang daun, tak akan lagi disingkirkan, tak akan lagi ditindas, kini makananmu adalah sari bunga yang tak sembarang bunga kamu hisap. Pesanku, meskipun kini kamu telah menjadi makhluk yang lebih baik dari yang sebelumnya, janganlah bertinggi hati dan menganggap dirimu paling sempurna di jagat raya ini. Karena diatas langit masih ada langit. Maka sebarkanlah kebaikan di muka bumi ini, bantulah para bunga dalam proses penyerbukan, agar dunia semakin indah dan bumi tetap tersenyum ramah, selain itu juga mereka akan berterima kasih padamu atas jasa yang kau berikan pada mereka, agar keharuman budi pekertimu tak akan sirna ditelan masa”, pesan peri pada kupu – kupu.

Semilir angin berhembus, menyentuh tangkai bunga yang dihinggapi shaqule. Sesaat, lamunannya dibuyarkan oleh tangkai bunga yang bergoyang dengan gemulai. Kemudian shaqule meneruskan perjalanannya demi mewujudkan sebuah misi, menebarkan kebaikan di jagat raya ini, membantu penyerbukan bunga.

*********

Cerita tersebut mengingatkan pada kita, betapapun berharganya hidup kita, sampai harus memperjuangkan sedemikian rupa. Dan tak ada yang perlu disesali atas kejadian yang menimpa kita, karena sebenarnya hal itu adalah sebuah pembelajaran dan pematangan emosional secara pribadi dan sekaligus pembentukan jati diri yang sebenarnya, apa tujuan kita hidup dan untuk apa kita hidup?.

Berjuang untuk memberikan yang terbaik pada hidup ini, adalah sebagai bentuk rasa syukur pada sang khalik, telah memberi kesempatan untuk merubah takdir seperti yang kita mau. Begitu pula dengan urusan yang sepertinya agak sedikit sensitif sifatnya, masalah ekonomi misalnya. Adalah hal yang membuat insan itu menjadi rentan atau bahkan menjadi kebal terhadap suatu perubahan jaman. Hingga pada akhirnya, banyak hal yang terjadi dimuka bumi ini, gembar gembor menyuarakan inspirasi mereka, dan menyusupi mindset insan yang seolah merasa kehilangan jati dirinya, atau biasa disebut galau (istilah gaul masa kini), dengan memberi training motivasi guna meningkatkan kesejahteraan hidup, tidak hanya secara batiniah / kepuasan diri saja, namun merambah ke aspek perekonomian juga.

Di era ini, banyak segala bentuk tawaran menarik yang menjanjikan peluang yang bisa merubah nasib ekonomi umat di muka bumi ini. Salah satu bentuk tawaran menarik tersebut salah satunya berbentuk Multi Level Marketing. Menurut arti etimologi, multi yang berarti banyak/ bervariasi, level biasa disebut tingkatan, sedangkan marketing adalah pemasaran, dan harfiahnya adalah bentuk pemasaran yang mempunyai jenjang bervariasi, siapa yang berusaha dengan gigih dan yakin, akan mendapatkan level/ tingkatan yang terbaik, tentunya diiringi dengan award dari perusahaan terkait, guna meningkatkan kualitas spirit bagi yang mendapatkan dan yang belum mendapatkan agar semakin terpacu motivasi untuk berkembangnya.

  • Keunikan dari bisnis jenis ini adalah ;
  1. Memperluas networking/ jaringan,

dengan cara bersilaturahim, mau mengenal satu sama lain, dan saling menjaga hubungan dengan sebaik mungkin.

2. Bisnis yang bersifat independent/ bebas,

bisa dikerjakan oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja, dan dalam keadaan apapun.

3.Banyak award/ hadiah yang bisa didapatkan,

tergantung dari usaha yang ditentukan oleh kegigihan dan keuletan. Dan hal inilah yang akan menentukan jenjang karir seseorang yang berkecimpung lebih dalam di dunia mlm  ini.

4.Banyak ilmu yang didapatkan,

karena nantinya akan lebih banyak diskusi satu sama lain, tentunya masih dalam satu komunitas mlm yang sama.

  1. Tidak memandang status sosial .
  2. Saling memotivasi satu sama lain.
  3. Product yang ditawarkan, benar – benar sudah teruji secara klinis, disertai dengan bukti bukti otentik dari badan kesehatan terkait, apabila dalam bentuk produk. Dan juga tentunya, mempunyai bukti perijinan perusahaan yang sah secara hukum. Apabila dalam bentuk jasa, dilihat dulu mengenai jasa yang ditawarkan benar – benar bisa dilihat real atau hanya sebuah rekayasa semata.
  4. Bisa melihat komentar dari para testimonial, yang rela memberikan kesaksian menggunakan produk/ jasa mlm tersebut. Meskipun tidak menutup kemungkinan, bahwa terkadang, ada beberapa mlm, yang sengaja membuat testimonial palsu, agar terkesan member yang akan bergabung terkesima melihat keajaiban produk tersebut.

Itulah beberapa hal yang menjadi keuntungan bergabung dalam mlm, namun dengan adanya hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa dibalik keuntungan, juga ada kerugian yang dirasakan team/ individu mlm. Beberapa kerugian yang didapatkan adalah, kurang lebih seperti ulasan sbb ;

  1. Mengandung ingredients money game / permainan uang / judi .

Ada beberapa mlm, yang awalnya hanya menawarkan keuntungan bergabung dan menjual produk, namun tanpa disadari hal tersebut mengandung unsur money game. Individu yang sudah mendaftar dengan mahar yang telah ditentukan oleh company mlm terkait, akan mendapatkan posting jaringan, point dan produk tentunya, yang nantinya bisa di presentasikan oleh khalayak untuk direkrut menjadi anak jaringannya. Dan setelah anak jaringan bergabung, maka leader/  senior / perekrut akan mendapatkan prosentase yang biasanya berupa cash money, yang ditransfer melalui rekening bank yang sudah didaftarkan sejak pertama kali mendaftar dan setidaknya modal awal gabung, sudah kembali meskipun belum sepenuhnya. Pada point inilah yang sebenarnya menjadi acuan para senior ataupun para member yang telah bergabung ke jaringan mlm, untuk berlomba – lomba dengan segala tipu daya untuk meyakinkan konsumen agar mau joint ke mlm yang ditawarkan.

  1. Lebih fokus pada system perekrutan, bukan pada manfaat product yang ditawarkan oleh konsumen.

Berbagai jenis mlm, yang sudah tersebar di muka bumi ini, termasuk di indonesia. Banyak orang yang tergiur dengan bisnis yang dirasa menjanjikan ini, akhirnya ada yang menjerat konsumen karena ternyata produk yang ditawarkan dicampur dengan bahan kimia berbahaya, sehingga konsumen yang menggunakan atau bahkan member yang rutin mengkonsumsi product tersebut, dengan niatan kalau nantinya product tersebut berhasil menyembuhkan penyakit yang dideritanya, maka hal ini bisa menjadi bahan presentasi pada khalayak/ calon member. Namun ternyata bukan kesembuhan yang didapatkan, melainkan penyakit yang awalnya sudah diderita semakin tambah parah, bahkan muncul penyakit baru yang tidak diduga sama sekali.  Akhir dari cerita ini, ada beberapa yang komplain, ada yang pasif, memilih diam, ada yang fatal, ajalnya tiba.  Saya menceritakan hal ini, bukan untuk menakut – nakuti para pembaca, melainkan hanya sebagai ulasan pengetahuan saja, bahwa tidak semua mlm negative, namun juga kita tetap harus waspada akan hal ini.

  1. Akan terjadi permusuhan internal, demi mengejar point.

Sesama member akan saling mengadu domba, menjatuhkan bahkan saling menyebar fitnah demi mendapatkan para member dan simpatik dari atasan. Biasanya hal ini terjadi, berawal dari perbedaan pendapat, perbedaan konsep/ strategi marketing, mengingat para member mlm, berasal dari berbagai macam kalangan sosial dan berbagai macam daerah, suku bahkan bangsa. Dengan berbagai cara penyampaian dan pola pandang yang berbeda pula. Dan komunikasi tidak terjalin secara efektif, sehingga timbullah perpecahan.

  1. Mempunyai tameng yang lemah

Ketika ada konsumen yang komplain karena produk yang dia beli dari salah satu sales mlm, ternyata tidak sesuai yang dia harapkan, makan yang pertama kali, menerima komplain ataupun keluhan dari para konsumen adalah si member/ sales tersebut. Karena kebanyakan perusahaan mlm, tidak akan menerima komplain langsung dari pelanggan, melainkan melalui perantara para pemasarnya. Dan terkadang si member/ sales, tidak tahu menahu tentang cara pembuatan atau penggunaan bahan dalam produk yang ia jual, yang ia tahu hanyalah, bonus yang akan ia dapatkan setelah melakukan transaksi jual – beli. Terkadang konsumen yang anarkis, tidak menerima alasan apapun, bahkan sampai membawa kasus ini, ke ranah hukum. Sedangkan member, yang tidak mempunyai bukti – bukti hukum tertulis tidak bisa mengelak dari tuntutan konsumen tersebut. Meskipun ada beberapa perusahaan mlm, yang mau membela para membernya dalam kasus ini.

Berhati hatilah untuk terjun lebih dalam ke dunia mlm, apabila memang belum tahu sama sekali, seperti apa system yang dijlankan dan produknya. Dan tidak ada salahnya, menghadiri undangan seminar dari suatu mlm, agar kita bisa mengetahui lebih detail dan lebih dalam. Karena hanya mendengar dari sumber yang tidak jelas, akan menjadikan informasi yang ambigu.

Kali ini, hanya ini yang bisa saya sampaikan, esok akan ada informasi menarik lainnya, tentunya masih seputar dunia MLM. Jangan lewatkan, dan update terus artikel – artikel menarik lainnya hanya mlmstats.net.

Terus berjuang menggapai cita – cita mulia. ^_^.

author;

Mey Widya Kartika

butterfly_2

Shaqule adalah sosok hewan yang mungil, cantik, berbulu indah, bentuknya menawan hati, setiap mata memandang ingin sekali memilikinya. Di siang hari, dia terbang kesana – kemari mencari sari bunga, yang menurutnya manis dan lezat. Namun tak sembarangan bunga dihisapnya, dia memilah dan memilih bunga yang  berkualitas tinggi.

Pada suatu ketika shaqule terdiam sejenak pada sebuah kelopak bunga yang sangat indah dan mengeluarkan aroma harum dan menenangkan, dia melamun seolah dia teringat akan masa lalunya yang sangat suram, sebelum dia berubah wujud menjadi seekor kupu – kupu. Dahulu kala, bentuk dan wajah shaqule sangat jelek, dia berujud ulat berbulu yang sangat menggelikan, bahkan setiap orang yang melihatnya jijik dan reflek ingin segera melemparnya jauh – jauh, karena bulu – bulunya membuat gatal dan alergi, belum lagi dia hanya memakan daun – daunan yang bergelantungan disekeliling ranting yang menghias indah di pohon yang menjulang tinggi dan berdiri kokoh diatas tanah berwarna coklat kehitaman, bahkan daun yang telah busuk dan jatuh berceceran ditanahpun juga dimakannya. Bahkan gerak tubuh shaqule waktu itu sangat lambat, menunjukkan kelemahan, kemalasan, ketakberdayaan, tak mampu melindungi dirinya, hal itu tampak jelas ketika dia berjalan diatas permukaan tanah, makhluk lain akan dengan mudahnya menginjak dan habis sudah riwayat hidupnya, tubuh kecil remuk redam, dan tak ada lagi yang bisa diperbuatnya kecuali pasrah pada nasib.

Disuatu malam yang hening, gelap, hanya temaram cahaya dari langit yang berkelip indah membuat suasana malam menjadi semakin memukau, ditambah dengan nyanyian serangga malam yang semakin menghanyutkan nurani yang lara. Shaqule segera bangun dari mimpi buruknya, dia berdoa pada sang pencipta, agar Dia merubah nasib dan memberikan yang terbaik pada hidupnya. Dia terus berdoa, merengek pada Dzat yang telah menciptakannya, bak seorang anak kecil yang meminta pada orang tuanya untuk dibelikan mainan. Tak hanya itu yang dilakukan shaqule, dia berusaha sekuat mungkin untuk berpuasa, dengan tujuan hal itu bisa membersihkan dirinya dari dosa yang pernah dilakukannya tempo dulu, dia juga terus mengoreksi dirinya apa saja dan sudah berapa kali dia melakukan hal yang membuat Tuhan murka kepadanya. Shaqule menangis penuh penyesalan dan berharap Sang pencipta mau memaafkan segala kekhilafannya.

Waktu demi waktu terus bergulir, shaqule tak henti – hentinya untuk terus melakukan proses taubat dengan mengurung diri dan terus menyebut namaNya yang indah. Hingga suatu ketika datang sebuah angin yang sangat kencang, hingga shaqule terpental hebat dari tempat semadinya hingga membuatnya tak sadarkan diri. Namun, beberapa waktu kemudian, dia dengan perlahan membuka matanya dan tersentak kaget melihat disekelilingnya tampak gelap dan pengap, bahkan kini ia tak mampu untuk bergerak, karena beberapa benang telah melilit kencang disekujur tubuhnya, tak mampu untuk teriak karena mulutnya juga ikut terbungkam oleh   benang – benang putih yang terus melilit tubuh shaqule yang semakin kurus.

Kini yang bisa ia lakukan adalah bersabar dan berdo’a, berharap Dia akan segera menyelamatkan penderitaannya yang semakin berat. Shaqule tak tahan lagi, dia tak bisa bernafas, hanya air mata yang mengisyaratkan ketakberdaayaannya. Setetes demi setetes air matanya mulai mengucur membasahi benang – benang yang semakin hari semakin tebal.

Beberapa saat kemudian benang – benang tersebut berubah menjadi tempurung yang mengungkungnya, kini tak ada lagi celah udara yang masuk sediktpun. Shaqule, terus berdoa dan menguatkan dirinya, bahwa Dia tak akan tega melihat hambaNya yang terus – menerus memohon dan merengek mengharapkan belas kasih padaNya. Shaqule juga merasa yakin, bahwa Tuhan tahu bahwa dirinya kuat dan mampu menjalani ujian ini, dengan cara inilah tuhan akan mengangkat derajatnya ke tempat yang lebih mulia dan lebih tinggi.

Sesaat shaqule merasa semakin lemas dan tak sadarkan diri, tiba – tiba dari kejauhan ada seberkas cahaya putih tiba – tiba datang menghampirinya dan menyelimuti tubuhnya yang tak berdaya. Seketika, matanya terbangun dan mulai berdiri menegakkan tubuhnya perlahan, “kretek…kretek…”, shaqule kaget mendengar bunyi itu, ternyata tempurung yang sangat keras, yang telah mengurung dirinya selama berhari – hari kini sedikit demi sedikit mulai retak dan  hancur, ada sebagian bongkahan tempurung jatuh ke tanah, shaqule mengintip dari balik lubang bongkahan tempurung, dia menggigil ketakutan karena saat ini dia bergelantungan di sebuah ranting pohon yang sangat tinggi.

Ketakutannya semakin menjadi, dia tak tahu apa yang akan terjadi jika tempurung ini hancur lebur. Beberapa detik kemudian, tempurung keras itu mulai hancur tak bersisa. Shaqule berteriak sangat kencang mengharapkan pertolongan dari siapapun. Namun tak ada yang bisa menyelamatkannya, shaqule memejamkan kedua matanya, dan merasakan keanehan telah terjadi pada dirinya, dia merasa melayang diangkasa, perlahan dia membuka matanya, ternyata apa yang dibayangkannya benar, dia terbang di angkasa dengan sepasang sayap yang indah dari balik punggungnya. Melihat kejadian tersebut shaqule teriak kegirangan, dan terbang kesana – kemari, hingga suatu ketika dia mendarat disebuah gedung yang tinggi dan berdinding kaca. Shaqule, terkesima melihat dirinya berubah wujud menjadi makhluk yang sangat indah. Kedua matanya tak berkedip sedikitpun, mulutnya menganga, rasa herannya tak terkendali.

Sesaat, lamunannya dipecahkan oleh seorang peri cantik yang datang menghampirinya.

“hallo ulat berbulu?”, sapa peri cantik pada shaqule.

“peri cantik, apa yang terjadi pada diriku?”, tanya shaqule.

“kini kamu bukanlah si ulat berbulu yang menggelikan lagi, kamu sekarang berubah menjadi seekor kupu – kupu yang sangat cantik, bahkan mereka yang dulu mencemoohmu, kini akan berbondong – bondong mengejar dan memperebutkanmu”, jelas peri cantik pada si ulat berbulu yang kini berubah menjadi kupu – kupu yang cantik jelita.

“tapi kenapa aku bisa menjadi seperti ini, peri?”, tanya shaqule yang semakin penasaran, seolah dia tak percaya dengan kenyataan yang dihadapinya saat ini.

“semua ini karena kegigihan, kesabaran dan keyakinanmu untuk berubah menjadi yang terbaik dalam hidupmu, bahkan kamu tak pantang menyerah dalam menghadapai ujian dari sang pencipta, para makhluk dikahyangan menangis terharu melihat perjuanganmu, kami semua  benar – benar salut, karena ketabahan hatimu, para makhluk dikahyangan turut serta mendo’akanmu”, ucap peri cantik yang menjelaskan pada shaqule dengan uraian air mata yang mengalir dari kedua matanya. Shaqule ikut menangis, merasa iba mendengar penjelasan dari peri cantik.

“kini kamu tak akan lagi memakan sembarang daun, tak akan lagi disingkirkan, tak akan lagi ditindas, kini makananmu adalah sari bunga yang tak sembarang bunga kamu hisap. Pesanku, meskipun kini kamu telah menjadi makhluk yang lebih baik dari yang sebelumnya, janganlah bertinggi hati dan menganggap dirimu paling sempurna di jagat raya ini. Karena diatas langit masih ada langit. Maka sebarkanlah kebaikan di muka bumi ini, bantulah para bunga dalam proses penyerbukan, agar dunia semakin indah dan bumi tetap tersenyum ramah, selain itu juga mereka akan berterima kasih padamu atas jasa yang kau berikan pada mereka, agar keharuman budi pekertimu tak akan sirna ditelan masa”, pesan peri pada kupu – kupu.

Semilir angin berhembus, menyentuh tangkai bunga yang dihinggapi shaqule. Sesaat, lamunannya dibuyarkan oleh tangkai bunga yang bergoyang dengan gemulai. Kemudian shaqule meneruskan perjalanannya demi mewujudkan sebuah misi, menebarkan kebaikan di jagat raya ini, membantu penyerbukan bunga.

*********

Cerita tersebut mengingatkan pada kita, betapapun berharganya hidup kita, sampai harus memperjuangkan sedemikian rupa. Dan tak ada yang perlu disesali atas kejadian yang menimpa kita, karena sebenarnya hal itu adalah sebuah pembelajaran dan pematangan emosional secara pribadi dan sekaligus pembentukan jati diri yang sebenarnya, apa tujuan kita hidup dan untuk apa kita hidup?.

Berjuang untuk memberikan yang terbaik pada hidup ini, adalah sebagai bentuk rasa syukur pada sang khalik, telah memberi kesempatan untuk merubah takdir seperti yang kita mau. Begitu pula dengan urusan yang sepertinya agak sedikit sensitif sifatnya, masalah ekonomi misalnya. Adalah hal yang membuat insan itu menjadi rentan atau bahkan menjadi kebal terhadap suatu perubahan jaman. Hingga pada akhirnya, banyak hal yang terjadi dimuka bumi ini, gembar gembor menyuarakan inspirasi mereka, dan menyusupi mindset insan yang seolah merasa kehilangan jati dirinya, atau biasa disebut galau (istilah gaul masa kini), dengan memberi training motivasi guna meningkatkan kesejahteraan hidup, tidak hanya secara batiniah / kepuasan diri saja, namun merambah ke aspek perekonomian juga.

Di era ini, banyak segala bentuk tawaran menarik yang menjanjikan peluang yang bisa merubah nasib ekonomi umat di muka bumi ini. Salah satu bentuk tawaran menarik tersebut salah satunya berbentuk Multi Level Marketing. Menurut arti etimologi, multi yang berarti banyak/ bervariasi, level biasa disebut tingkatan, sedangkan marketing adalah pemasaran, dan harfiahnya adalah bentuk pemasaran yang mempunyai jenjang bervariasi, siapa yang berusaha dengan gigih dan yakin, akan mendapatkan level/ tingkatan yang terbaik, tentunya diiringi dengan award dari perusahaan terkait, guna meningkatkan kualitas spirit bagi yang mendapatkan dan yang belum mendapatkan agar semakin terpacu motivasi untuk berkembangnya.

  • Keunikan dari bisnis jenis ini adalah ;
  1. Memperluas networking/ jaringan,

dengan cara bersilaturahim, mau mengenal satu sama lain, dan saling menjaga hubungan dengan sebaik mungkin.

2. Bisnis yang bersifat independent/ bebas,

bisa dikerjakan oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja, dan dalam keadaan apapun.

3.Banyak award/ hadiah yang bisa didapatkan,

tergantung dari usaha yang ditentukan oleh kegigihan dan keuletan. Dan hal inilah yang akan menentukan jenjang karir seseorang yang berkecimpung lebih dalam di dunia mlm  ini.

4.Banyak ilmu yang didapatkan,

karena nantinya akan lebih banyak diskusi satu sama lain, tentunya masih dalam satu komunitas mlm yang sama.

  1. Tidak memandang status sosial .
  2. Saling memotivasi satu sama lain.
  3. Product yang ditawarkan, benar – benar sudah teruji secara klinis, disertai dengan bukti bukti otentik dari badan kesehatan terkait, apabila dalam bentuk produk. Dan juga tentunya, mempunyai bukti perijinan perusahaan yang sah secara hukum. Apabila dalam bentuk jasa, dilihat dulu mengenai jasa yang ditawarkan benar – benar bisa dilihat real atau hanya sebuah rekayasa semata.
  4. Bisa melihat komentar dari para testimonial, yang rela memberikan kesaksian menggunakan produk/ jasa mlm tersebut. Meskipun tidak menutup kemungkinan, bahwa terkadang, ada beberapa mlm, yang sengaja membuat testimonial palsu, agar terkesan member yang akan bergabung terkesima melihat keajaiban produk tersebut.

Itulah beberapa hal yang menjadi keuntungan bergabung dalam mlm, namun dengan adanya hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa dibalik keuntungan, juga ada kerugian yang dirasakan team/ individu mlm. Beberapa kerugian yang didapatkan adalah, kurang lebih seperti ulasan sbb ;

  1. Mengandung ingredients money game / permainan uang / judi .

Ada beberapa mlm, yang awalnya hanya menawarkan keuntungan bergabung dan menjual produk, namun tanpa disadari hal tersebut mengandung unsur money game. Individu yang sudah mendaftar dengan mahar yang telah ditentukan oleh company mlm terkait, akan mendapatkan posting jaringan, point dan produk tentunya, yang nantinya bisa di presentasikan oleh khalayak untuk direkrut menjadi anak jaringannya. Dan setelah anak jaringan bergabung, maka leader/  senior / perekrut akan mendapatkan prosentase yang biasanya berupa cash money, yang ditransfer melalui rekening bank yang sudah didaftarkan sejak pertama kali mendaftar dan setidaknya modal awal gabung, sudah kembali meskipun belum sepenuhnya. Pada point inilah yang sebenarnya menjadi acuan para senior ataupun para member yang telah bergabung ke jaringan mlm, untuk berlomba – lomba dengan segala tipu daya untuk meyakinkan konsumen agar mau joint ke mlm yang ditawarkan.

  1. Lebih fokus pada system perekrutan, bukan pada manfaat product yang ditawarkan oleh konsumen.

Berbagai jenis mlm, yang sudah tersebar di muka bumi ini, termasuk di indonesia. Banyak orang yang tergiur dengan bisnis yang dirasa menjanjikan ini, akhirnya ada yang menjerat konsumen karena ternyata produk yang ditawarkan dicampur dengan bahan kimia berbahaya, sehingga konsumen yang menggunakan atau bahkan member yang rutin mengkonsumsi product tersebut, dengan niatan kalau nantinya product tersebut berhasil menyembuhkan penyakit yang dideritanya, maka hal ini bisa menjadi bahan presentasi pada khalayak/ calon member. Namun ternyata bukan kesembuhan yang didapatkan, melainkan penyakit yang awalnya sudah diderita semakin tambah parah, bahkan muncul penyakit baru yang tidak diduga sama sekali.  Akhir dari cerita ini, ada beberapa yang komplain, ada yang pasif, memilih diam, ada yang fatal, ajalnya tiba.  Saya menceritakan hal ini, bukan untuk menakut – nakuti para pembaca, melainkan hanya sebagai ulasan pengetahuan saja, bahwa tidak semua mlm negative, namun juga kita tetap harus waspada akan hal ini.

  1. Akan terjadi permusuhan internal, demi mengejar point.

Sesama member akan saling mengadu domba, menjatuhkan bahkan saling menyebar fitnah demi mendapatkan para member dan simpatik dari atasan. Biasanya hal ini terjadi, berawal dari perbedaan pendapat, perbedaan konsep/ strategi marketing, mengingat para member mlm, berasal dari berbagai macam kalangan sosial dan berbagai macam daerah, suku bahkan bangsa. Dengan berbagai cara penyampaian dan pola pandang yang berbeda pula. Dan komunikasi tidak terjalin secara efektif, sehingga timbullah perpecahan.

  1. Mempunyai tameng yang lemah

Ketika ada konsumen yang komplain karena produk yang dia beli dari salah satu sales mlm, ternyata tidak sesuai yang dia harapkan, makan yang pertama kali, menerima komplain ataupun keluhan dari para konsumen adalah si member/ sales tersebut. Karena kebanyakan perusahaan mlm, tidak akan menerima komplain langsung dari pelanggan, melainkan melalui perantara para pemasarnya. Dan terkadang si member/ sales, tidak tahu menahu tentang cara pembuatan atau penggunaan bahan dalam produk yang ia jual, yang ia tahu hanyalah, bonus yang akan ia dapatkan setelah melakukan transaksi jual – beli. Terkadang konsumen yang anarkis, tidak menerima alasan apapun, bahkan sampai membawa kasus ini, ke ranah hukum. Sedangkan member, yang tidak mempunyai bukti – bukti hukum tertulis tidak bisa mengelak dari tuntutan konsumen tersebut. Meskipun ada beberapa perusahaan mlm, yang mau membela para membernya dalam kasus ini.

Berhati hatilah untuk terjun lebih dalam ke dunia mlm, apabila memang belum tahu sama sekali, seperti apa system yang dijlankan dan produknya. Dan tidak ada salahnya, menghadiri undangan seminar dari suatu mlm, agar kita bisa mengetahui lebih detail dan lebih dalam. Karena hanya mendengar dari sumber yang tidak jelas, akan menjadikan informasi yang ambigu.

Kali ini, hanya ini yang bisa saya sampaikan, esok akan ada informasi menarik lainnya, tentunya masih seputar dunia MLM. Jangan lewatkan, dan update terus artikel – artikel menarik lainnya hanya mlmstats.net.

Terus berjuang menggapai cita – cita mulia. ^_^.

author;

Mey Widya Kartika

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: