lazada

MLM yang satu ini perlu diinvestigasi! ( Part 2 )

Selain mlmers mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang telah diuraikan di part 1, mlmers juga perlu mendapatkan informasi ini secara tertulis sebagai bukti otentik, tidak hanya obrolan semata. Waspadai juga para distributor yang berpura – pura sukses dengan membawa bukti secara tertulis seperti rekening bank, atau kwitansi dari perusahaan terkait mengenai jumlah pendapatannya setelah bergabung dengan mlm tersebut. Karena hal ini, bisa terjadi dimana saja.

Mencari lebih dalam

Mencari dan mempelajari track record perusahaan tersebut juga perlu. Searching di internet mengenai nama perusahaan dengan menggunakan keywords seperti review, penipuan, dan keluhan, pencarian lain juga bisa mlmers dapatkan di surat kabar dan majalah. Hal – hal yang harus ditekankan dalam pencarian tersebut adalah mencari tahu :

–          Berapa lama bisnis perusahaan tersebut?

–          Apakah mempunyai reputasi yang positif untuk kepuasan pelanggan?

–          Apakah produk perusahaan tersebut menggaung sampai di blog atau di web?

–          Apakah perusahaan tersebut telah digugat karena praktek bisnis penipuan?

–          Carilah informasi di badan yang menaungi kepuasan pelanggan di amerika terkenal dengan FTC (Federal Trade Commision), di indonesia ada YLKI (Yayasan Lembaga Komunikasi Indonesia). Perlu diketahui, sebuah perusahaan yang mempunyai sedikit keluhan atau tidak sama sekali, belum tentu menjamin bahwa perusahaan tersebut benar – benar legal.

Mencari tahu tentang jaminan produk

Pastikan mlmers mendapatkan jaminan tertulis mengenai pengembalian uang apabila produk tersebut kadaluwarsa, atau ingridientnya terbukti membahayakan kesehatan. Hal ini memang terkesan meminimalisasi resiko. Dan apabila jaminan tersebut dilanggar, mlmers bisa adukan ke pihak terkait untuk diproses secara hukum, karena bersifat merugikan konsumen. Namun kebanyakan pada kejadian ini, pengembalian hanya berapa persen saja, tidak sepenuhnya uang dikembalikan, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa perusahaan yang bertanggung jawab atas kejadian ini meskipun proses memakan waktu lama.

Mencari tambahan informasi pada distributor lain

Kebanyakan dari mlm, membuat sebuah keharusan pada para distributornya selain biaya yang dikeluarkan untuk registrasi dan membeli produk awal untuk jualan, namun pihak perusahaan juga mengharuskan untuk membeli staterkit atau materi pemasaran, biaya pelatihan, seminar dan lain sebagainya. Ada baiknya mlmers tanyakan pada distributor yang telah bergabung baik yang senior maupun yunior, berapa banyak biaya dan waktu yang telah mereka keluarkan untuk hal ini. Tanyakan pula, apakah pelatihan tersebut mengharuskan setiap membernya untuk mengikuti secara berkala ataukah hanya sekali tempo saja. Pertanyaan lain yang bisa mlmers tanyakan adalah, apa yang terjadi jika mereka akhirnya memutuskan untuk keluar dari bisnis ini?.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: