lazada

Kebebasan Waktu dan Finansial di MLM itu Bohong?!

kebebasan waktu dan finansial

Bagi anda para praktisi multi level marketing, baik member maupun owner perusahan mlm, membaca kalimat judul di atas pasti bakal langsung protes. 1.001 argumentasi pasti sudah ada di pikiran anda semua untuk menolak kalimat tersebut.

Tunggu dulu, baca tulisan ini sampai tuntas artikel ini.

Saya pribadi adalah praktisi MLM, saya adalah member mlm, saya juga owner mlm. Saya pernah merasakan bagaimana jadi milyuner di mlm dan saya juga pernah merasakan bagaimana jatuh bangkrut di mlm.

Pada saat ini, saya tidak akan membahas baik buruk nya perusahaan multi level marketing, halal atau haram nya penjualan produk dengan menggunakan sistem network marketing, karena setiap orang memiliki pendapat dan dalil nya masing-masing tentang mlm ini.

Pada saat ini saya akan membahas tentang perilaku para member mlm, para pemain mlm yang saya jumpai di kehidupan nyata.

Si A bergabung dengan sebuah perusahaan mlm tertentu, katakanlah mlm X. Oleh karena ilmu nya sudah paham ditambah dengan suntikan semangat dari para sponsor atau upline nya, maka si A ini pun dengan semangat juang 45 menawarkan produk dan sistem mlm tersebut ke banyak orang.

Dalam waktu yang relatif singkat, group si A semakin berkembang dengan jumlah downline mencapai ribuan orang dan bonus si A pun semakin besar per bulan nya. Si A pun semakin yakin bahwa di mlm X ini lah dia akan memiliki kebebasan waktu dan finansial, passive income. Si A pun dengan yakin dan mantap nya bilang ke semua orang bahwa produk dan sistem marketing mlm X lah yang terbaik bila dibandingkan dengan mlm lainnya.

Pada suatu waktu, tiba-tiba datang ke rumah si A owner mlm lain, katakanlah mlm Y. Si owner mlm Y ini datang ke si A karena melihat group si A besar di mlm X. Si owner mlm Y mulai merayu si A agar pindah ke mlm Y dengan dijanjikan berbagai fasilitas seperti mobil, gaji bulanan, hak usaha gratis dan sebagainya yang bila dibandingkan, jauh lebih besar dari fasilitas yang ia dapatkan di mlm X.

Akhirnya si A bergabung dengan mlm Y dan dia pun mulai mengajak group nya di mlm X agar ikut pindah ke mlm Y, istilahnya pindah membawa gerbong nya. Dulu si A selalu bilang bahwa produk dan sistem marketing mlm X lah yang terbaik, sekarang si A meralat pernyataannya sendiri dan bilang bahwa ternyata di mlm X itu banyak kekurangannya dan sekarang yang terbaik adalah mlm Y.

Si A pun terus mengembangkan mlm Y tersebut sampai groupnya besar dan akhirnya datang lagi owner dari mlm yang baru lagi, katakanlah mlm Z. Si owner mlm Z ini pun mengajak si A dengan iming-iming fasilitas lengkap agar pindah lagi mlm dengan harapan agar membawa group nya / gerbong nya ke mlm Z, dan akhirnya si A pun setuju dan dia meralat lagi pernyataan nya sendiri dan bilang bahwa ternyata di mlm Y banyak kekurangannya dan sekarang yang terbaik adalah mlm Z. Begitu seterusnya si A melanglangbuana dari perusahaan mlm satu ke perusahaan mlm lainnya.

Itulah yang saya lihat terjadi di beberapa praktisi mlm. Istilah saya, sekarang di dunia per mlm an banyak orang yang berperan sebagai “leader fasilitas”. Dia memanfaatkan pengalaman “pernah memiliki group besar” di perusahaan mlm nya terdahulu hanya untuk mendapatkan fasilitas mobil gratis, hak usaha gratis dari para owner mlm yang baru berdiri.

Banyak para owner baru ini yang akhirnya “merasa ketipu” oleh ulah para “leader fasilitas” tersebut, karena dia sudah memberikan berbagai fasilitas, tetapi hasil nya tidak ada atau kurang memuaskan.

Hal ini baru di sisi “leader” yang memiliki group besar, belum lagi di sisi member biasa, orang awam yang kurang paham ilmu mlm, yang hanya ikut-ikutan karena diajak oleh saudaranya misalkan. Pada saat si member ini mau aktif, dia lihat sponsor atau upline nya sudah pindah mlm lagi. Akhirnya dia pun ikut pindah atau merasa kecewa. Si member ini kehilangan partner kerja nya yang tadinya diharapkan akan membawanya ke dalam kesuksesan.

Dengan fenomena di atas, saya berani katakan kalau memang terjadi seperti itu terus, maka jargonfinancial freedom, kebebasan finansial, kebebasan waktu di mlm itu bohong, karena group yang sudah dibangun hancur lagi, mulai lagi dari nol membangun group baru di perusahaan mlm yang baru, lalu setelah besar, hancur lagi, mulai lagi dari nol membangun group baru di perusahaan mlm yang baru lagi, begitu seterusnya.

Kapan nyampe nya ke posisi puncak ??

Tanyakan ke para leader mlm yang sukses, berapa lama dia terus tekun di mlm tersebut, berapa lama dia terus komitmen dengan owner mlm tersebut?

Saya perhatikan, leader-leader sukses di mlm minimal 5 tahun dia tetap ada di perusahaan mlm tersebut, dia tidak tergoda untuk pindah mlm, untuk bergabung dengan mlm yang baru muncul, dia tidak tergoda dengan tawaran berbagai fasilitas yang menggiurkan dari owner mlm baru.

Di berbagai kesempatan seminar, saya selalu katakan bahwa sebagus apa pun produk dan sistem marketing plan suatu perusahaan mlm, kalau jumlah orang yang komitmen nya sedikit, maka mlm tersebut tidak akan berkembang besar.

Tapi sejelek apapun produk dan sistem marketing plan suatu perusahaan mlm, kalau jumlah orang yang komitmen nya banyak, maka mlm tersebut akan berkembang besar.

Lihatlah contoh perusahaan-perusahaan mlm yang usianya sudah lebih dari 5 tahun, mereka memiliki member atau customer yang loyal, yang komitmen untuk belanja produk terus ke mlm tersebut.

Sekali lagi, yang paling penting adalah KOMITMEN.

Sampai sejauh mana komitmen anda dengan group anda untuk tetap menekuni mlm yang sedang anda jalankan sekarang.

YAKINLAH BAHWA HAMPIR SETIAP MINGGU, AKAN MUNCUL MLM BARU DENGAN PRODUK DAN SISTEM MARKETING PLAN YANG TERBAGUS, TERHEBAT, TERMUDAH DAN DENGAN BERBAGAI FASILITAS YANG MENGGIURKAN.

Kalau anda terus tergoda dengan mlm baru tersebut, maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah sampai pada posisi puncak, karena anda terus mulai lagi dari nol, mulai lagi dari nol, mulai lagi dari nol dalam membangun group.

Mau sampai kapan ???

Kebebasan finansial dan kebebasan waktu akan terjadi kalau anda dan group anda sama-sama komitmen dengan owner akan terus menjalankan mlm ini sampai kapanpun.

 

artikel sumber dari : http://www.robbyjempol.com/2013/09/kebebasan-waktu-dan-finansial-di-mlm.html

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: