lazada

Tips Membangun Personal Brand

p_tips_membangun_personal_brand

MLMstats.net – Branding mempunyai defisini sebagai proses dimana seseorang dan karirnya di-merk-kan sebagai satu brand. Brand sendiri dapat diartikan sebagai penyimbolan segala sesuatu yang berhubungan dengan informasi mengenai suatu perusahaan, produk atau jasa (sumber wikipedia). Layaknya branding suatu produk, personal branding bertujuan untuk membangun asosiasi dan harapan konsumen terhadap diri kita. Kalau selama ini yang kita tau jualan itu produk atau servis (hard selling), maka personal branding adalah ‘menjual’ diri kita agar bisa mendapatkan profit dan kepuasan serta kepercayaan dari konsumen.

Bagi seorang pelaku MLM, entah itu di level pemula maupun leader, personal brand memang sebaiknya dibangun sejak awal. Seorang top leader MLM biasanya secara sadar atau tidak sudah merintis pembentukan personal brand. Lalu bagaimanakah cara anda membangun sebuah personal branding? Berikut beberapa tips membangun personal branding :

1.Brand Diciptakan
Sekalipun personal brand bisa saja tercipta sendiri, namun upaya yang lebih strategis adalah dengan secara sadar, terencana, dan konsisten menciptakan sendiri dan kemudian mengembangkannya. Brand yang diciptakan dan dibangun secara terencana biasanya relatif bisa lebih terarah hasilnya. Sementara brand yang dibiarkan mengambang tanpa arah bisa-bisa tidak mendatangkan hasil sebagaimana yang diharapkan.
Sejak awal seorang pelaku MLM bisa memilih brand apa yang hendak dia bangun. Apakah lebih fokus kepada pengembangan merek diri sebagai seorang leader dengan ciri dan karakter tertentu, atau fokus membangun merek jaringannya.
2. Brand Digali
Brand bisa digali dari kelebihan maupun kekurangan seseorang. Bahkan, brand yang digali dari dalam diri kadang memiliki kekuatan lebih. Mat Zeni, mantan tukang sol sepatu, adalah seorang leader MLM yang berhasil membangun brand dari apa yang oleh masyarakat dipandang sebagai kekurangannya. Dia buktikan, orang bawah dan tanpa pendidikan pun bisa sukses di MLM.
Orang pun bisa memupuk brand dari kelebihankelebihannya. Semisal, bila jago merekrut, jago memotivasi, jago mempengaruhi orang, jago menjual lini produk tertentu, lalu kelebihan itu dipoles dan
dikomunikasikan sedemikian rupa, sehingga menjadi semacam merek dagang.
3. Simpel dan Fokus
Prinsip sebuah brand haruslah sederhana dan fokus.
Mengapa? Ya, supaya brand itu mudah diingat dan bertahan lama dalam ingatan. Contoh, seorang pelaku MLM mem-brand diri sebagai Network Marketer No.1 Indonesia dan fokus di situ. Apabila bertahun-tahun konsisten memperkuat brand tadi, maka orang pun akan mengingatnya sebagai network marketer nomor satu juga. Sementara, bila brand terlalu ribet perumusannya dan tidak fokus, tentu akan membingungkan siapa saja.
Misalnya, seorang pelaku MLM mem-brand diri sebagai Network Marketer No.1 Indonesia, Leader No.1 Indonesia, The Most Popular Motivator in MLM, dst, maka brand mana yang akan diingat orang? Bisa-bisa, semuanya malah berlalu karena tidak punya kekuatan.
4. Harus Dikomunikasikan
Begitu brand sudah diciptakan, dia harus dikomunikasikan secara terus-menerus sampai menancap di benak domain market. Frekuensi harus diperhatikan dan tidak boleh mengendor, terlebih pada tahap awal. Bila brand sudah dikenal dan menancap di benak khalayak, maka yang dibutuhkan kemudian adalah upaya memelihara brand tersebut agar sustainable dan tidak meredup.
Apabila orang sudah menciptakan brand, tugas dia adalah memelihara dan terus memperkuat. Brand yang kuat sekalipun bisa meredup, mulai dilupakan orang, dan bahkan hilang dari peredaran. Jika demikian, efek dari personal brand itu sudah tidak ada lagi.
5. Hukum Penampakan
Tidak ada brand yang bisa kuat dan menancap di benak khalayak bila dia tidak pernah kelihatan di public space. Orang yang sering muncul di media seperti televisi atau media cetak, pasti mudah sekali dikenali oleh publik.

Anda sebagai leader atau bahkan pemula di dunia MLM wajib untuk mengasah dan meningkatkan personal branding dengan cara tampil sebagai motivator atau pembicara di panggung, wawancara di media, menulis buku, membuat brosur pribadi, kartu nama dengan foto, bahkan mengiklankan diri. Tujuannya agar anda bisa lebih yakin dan dipercaya konsumen dan pada akhirnya anda akan mampu mencapai titik puncak kesuksesan.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

3 Responses

  1. Ibu Rebecca17/07/2016 at 18:42Reply

    Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e – email

     “Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? …

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e – mail:

  2. cindy moore09/08/2016 at 12:05Reply

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan kredit korporasi dan segala jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (CindyMoore8182@gmail.com)

  3. Opara Gerrad27/09/2016 at 14:20Reply

    Butuh pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis baru? Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi? Kami menawarkan semua jenis pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hubungi kami hari ini di email: (OPARAGERRARD@GMAIL.COM)

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: