lazada

Peran Sosial Media dalam Network Marketing

p_peran_sosial_media_dalam_network_marketing

Mengapa sosial media marketing menjadi semakin penting dijaman sekarang?  Ya, tentu saja, kita bisa melihat bahwa sosial network sudah menjada gaya hidup baru di internet. Rasanya, belum internetan jika belum punya facebook atau twitter, bahkan banyak orang yang belum mengenal internet pun, mereka sudah punya akun facebook atau akun twitter. Jika bisnis Anda belum menyentuh setidaknya salah satu dari kedua social network (jejaring sosial) tersebut, artinya bisnis Anda melewatkan peluang yang besar. Anda menyia-nyiakan potensi pasar.

Maka wajarlah jika kita melihat perusahaan-perusahaan besar menginvestasikan modalnya untuk menjalankan social media marketing sebagai bagian dari pemasarannya. Apa yang disebut bauran pemasaran (marketing mix) saat ini, tidak boleh melupakan peran social media.

 

Salah satu keunggulan social media adalah memberikan kemudahan interaksi. Interaksi ini bukan hanya terjadi antara Anda sebagai pebisnis dengan user, tetapi user dengan user juga. Interaksi ini, jika kita manfaatkan dengan baik, akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Anda bisa mendengar suara konsumen dan suara pasar. Interaksi ini bisa menyebabkan buzz atau penyebaran pesan tentang produk Anda. Dengan berbagai teknologi saat ini, Anda bisa memantau suara pelanggan dan pasar serta penyebarannya, bahkan disertai dengan data yang cukup akurat.

 

Dengan kemudahan interaksi dan akses ke social media, maka viral marketing akan semakin mudah terjadi jika kita mampu mengelolanya dengan baik. Mungkin Anda pernah mendengar tentang produk keripik singkong Mak Icih, dimana mampu memanfaatkan social media sehingga mendongkrak bisnisnya.  Dan, Anda pun bisa melakukan hal yang sama, memanfaatkan social media untuk meningkatkan kinerja pemasaran di bisnis Anda.

 

Anda bisa memulai kampanye pemasaran viral dengan menggunakan social media. Selain lebih mudah, pemasaran viral dengan memanfatkan social media akan memudahkan kita untuk memantau penyebaran pesan kita sehingga kita bisa melakukan test dan ukur usaha pemasaran Anda. Berbeda dengan jaman dulu, viral marketing terjadi dari mulut ke mulut dimana kita sulit untuk melihat datanya.

Lalu Apa Itu Social Media Marketing?

Sederhana saja, social media marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan social media atau social network seperti facebook, twitter, dan …. Google.

Apa? Google? Ya, Google sekarang tidak hanya sebagai mesin pencari. Google saat ini sudah berubah, bukan hanya sebagai mesin pencari, tetapi juga sebagai social network. Mungkin Anda pernah mendengar google plus, ini adalah social media milik google. Saat Anda memiliki akun google, artinya bukan hanya bisa mengirimkan email saja, tetapi juga bisa berinteraksi sesama user google. Artinya, google sudah menjadi social network saat ini.

Apakah google meninggalkan fungsi utamanya sebagai mesin pencari? Tidak, google tetap sebagai mesin pencari, tetapi sekarang sudah lebih social. Jika dulu saya sering mendengar kalau facebook berbeda dengan google, sekarang tidak lagi. Mereka sama-sama social network dan juga sama-sama punya kemampuan mencari. Hanya saja, fungsi utama mereka yang berbeda.


Saat masyarakat lebih mudah bersosial, lintas kota bahkan lintas negara, maka mereka (termasuk kita) akan lebih mudah mendengar suara orang lain. Jika sebelumnya kita hanya mendengar bisik-bisik tetangga, sekarang kita bisa membaca tulisan teman kita yang jauh bahkan orang yang barus saja kita kenal. Kondisi ini akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam berbagai bidang, termasuk dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

 

Iklan saja tidak cukup, tetapi bagaimana caranya agar kita mendapatkan kesan positif melalui social media. Ini mengubah kita cara beriklan, pesan-pesan yang disampaikan pun akan berbeda. Masihkan Anda akan menggunakan teknik iklan masa lalu? Jelas akan berbeda.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: