lazada

Menjadikan Diri produktif Dalam Pekerjaan

p_menjadikan_diri_produktif_dalam_pekerjaan

“Orang-orang yang gagal mengatur pekerjaan pasti akan diperbudak pekerjaan, sering dibuat kewalahan dengan beban kerja, serta membuat dirinya frustasi karena kekurangan waktu. Jangan biarkan pekerjaan mengatur Anda, jadilah majikan yang cerdas untuk mengatur pekerjaan Anda.”~ Djajendra

Kehidupan kerja wajib diatur dengan manajemen waktu dan manajemen diri yang efektif. Bila Anda gagal untuk mengatur kehidupan kerja Anda, maka kehidupan Anda akan dibebani kerja yang berlebihan, sehingga Anda tidak dapat menjalankan kehidupan yang seimbang untuk meningkatkan kualitas kebahagiaan Anda.

Sering sekali orang-orang menjadi sangat frustrasi dengan kehidupannya, karena rutinitas kerja telah mengambil sebagian besar dari waktu hidup mereka. Dari pagi hingga malam, mereka sibuk dengan pekerjaan, dan juga harus antri dalam macet untuk bisa sampai ke rumah dan kantor. Pola hidup yang tidak manusiawi telah membuat banyak orang terbiasa hidup dalam tekanan, yang pada akhirnya menjadi penghasil stres dalam kehidupan mereka.

Mengorganisasi waktu, diri, beban kerja, dan kehidupan sosial telah menjadi hal yang sangat penting untuk dipatuhi dengan pola hidup yang konsisten. Kemauan dan kesiapan diri untuk menjalankan pola hidup yang seimbang dalam disiplin, komitmen, dan motivasi, akan membantu diri untuk terbebaskan dari rasa khawatir oleh beban kerja yang berlebihan.  Hidup setiap orang sekali, diperlukan kecerdasan untuk mengatur hidup; agar hidup sekali ini dapat memberikan kesenangan, kedamaian, kebahagiaan, keharmonisan, kesehatan, kesejahteraan, dan kemampuan untuk menangani hidup dengan cerdas.

Mulailah mengatur pekerjaan dengan langkah untuk mengatur diri Anda. Anda yang terbiasa dalam disiplin akan dengan mudah menjalankan manajemen waktu yang efektif. Ketika Anda sudah mampu menguasai dan mengendalikan waktu, maka Anda dengan sangat mudah dapat melakukan hal-hal prioritas di semua aspek atau dimensi kehidupan Anda. Anda akan terbiasa untuk tidak kehilangan fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang tidak dalam prioritas Anda. Artinya, kehidupan Anda tidak akan terbuang percuma untuk hal-hal tidak penting, dan fokus Anda akan meningkatkan kualitas hidup Anda, untuk hal-hal yang Anda cari dalam kehidupan Anda.

Pastikan setiap hari Anda fokus pada informasi dan data yang Anda butuhkan untuk mendukung pola hidup Anda. Jadi, Anda tidak perlu setiap hari bingung dan terlihat terlalu sibuk dengan informasi dan data, yang tidak Anda butuhkan untuk membantu harapan dan keinginan Anda. Fokuskan perhatian Anda kepada hal-hal yang Anda perlukan saja, jangan habiskan waktu dan energi untuk hal-hal yang tidak Anda inginkan dalam hidup Anda.

Pastikan di kantor Anda betul-betul fokus untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan efektif. Efektif artinya Anda memahami dan tahu cara menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang singkat dan berkualitas. Di sini, Anda harus benar-benar peduli untuk mengatur strategi kerja yang tepat waktu dan bagus kualitasnya. Jangan pernah membiarkan waktu kerja Anda terbuang percuma hanya karena Anda ragu atau bingung dengan pekerjaan. Jadilah produktif  dengan cara menjadi efektif, dan teruslah biasakan diri Anda bekerja dengan sangat efektif di semua aspek pekerjaan Anda.

Pastikan Anda memiliki buku kerja untuk mengatur jadwal dan target kerja Anda. Buatlah grafik, daftar, sketsa, aliran kerja, dan hasil bertukar pikiran dengan rekan, bawahan, atau atasan dalam buku kerja Anda. Setiap hari sesuaikan buku kerja Anda dengan perubahan yang diperlukan, hapus yang tidak relevan, tambahkan yang dibutuhkan, dan jadikan buku kerja Anda sebagai sahabat untuk coret-coret Anda.

Di zaman teknologi internet ini semua informasi dalam hitungan detik sudah dapat Anda miliki. Kehidupan globalisasi telah mengatur pola hidup untuk mendapatkan semua info dengan mudah. Karena begitu banyak informasi yang muncul setiap detik, maka diperlukan kehati-hatian dalam memanfaatkan informasi. Kebiasaan untuk ikut terpengaruh dalam keramaian sebuah berita atau informasi, padahal Anda tidak menginginkan informasi atau berita seperti itu, akan menjadi jebakkan yang menguras waktu kerja Anda.

Pastikan Anda hanya membuka email masuk yang betul-betul Anda perlukan. Semua email yang tidak Anda perlukan masukkan ke dalam kotak spam dan segera hapus dari kotak email Anda. Jadilah efektif menggunakan internet untuk kebutuhan pekerjaan saja, dan jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang tidak Anda perlukan. Setiap detik waktu Anda sangat berharga dan menentukan efektivitas dari kehidupan Anda. Nikmati hidup Anda dengan detik-detik yang berkualitas.

Biasakan perilaku kerja untuk melakukan penyimpanan atas semua hasil kerja Anda. Setiap hasil dan proses yang dapat Anda simpan dan menjaganya untuk keperluan saat dibutuhkan, akan menjadi sesuatu yang sangat membantu konsistensi dan efektivitas kerja Anda. Jadi, simpanlah setiap pekerjaan yang telah Anda kerjakan dengan baik dan efektif, agar saat dibutuhkan kembali, Anda dapat dengan mudah menemukannya.

Kehidupan kerja adalah kehidupan organisasi dalam kolaborasi yang tanpa henti. Jadi, pastikan Anda telah mengatur diri Anda menjadi satu kesatuan dengan semua orang di dalam organisasi Anda. Pastikan diri Anda telah terhubung dengan efektif dan harmonis ke atas, ke bawah, ke samping, dan kesemua stakeholders lainnya. Semakin Anda terhubung dengan efektif kepada setiap fungsi dan peran di dalam organisasi Anda, maka semakin efektif dan produktif cara kerja Anda.

Sumber : www.djajendra-motivator.com

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: