lazada

Menjadi Pendengar Yang Baik

p_menjadi_pendengar_yang_baik
MLMstats.net – Rahasia komunikasi terbaik tidak terletak pada bagaimana cara Anda berbicara, melainkan pada caranya mendengar. Seorang komunikator nomor satu adalah orang yang hebat dalam mendengar, bukan dalam berbicara.

Umumnya, orang lebih menyukai pendengar yang baik daripada pembicara yang baik. Mitra bicara yang baik dan disukai adalah pribadi yang mau mendengarkan dengan saksama ketika orang lain berbicara. Harvey Mackay mengatatakan “you can win more friends with you ears than with your mouth.” Anda bisa mendapatkan lebih banyak teman dengan menjadi pendengar yang baik daripada banyak berbicara.

Ada lima cara untuk menjadi pendengar yang baik:

1. Jadilah pendengar yang aktif.

Simak dengan penuh konsentrasi saat orang lain berbicara. Gunakan pertanyaan terbuka, ulangi kata-kata mitra bicara, dan gunakan kata-kata pendek pembangkit semangat.

Pertanyaan terbuka: pertanyaan yang mengharapkan penjelasan lebih detail dari mitra bicara. contoh:
“mengapa Anda lebih senang tinggal di Bandung dibandingkan Jakarta?”
“bisa jelaskan alasan Anda memutuskan pindah pekerjaan?”
“Menurutmu mana lebih bagus…?”

Ulangi kata-kata: 
Alex: Saya pindah pekerjaan karena ada tawaran yang lebih bagus diperusahaan yang baru. Masa depan karier saya terlihat jelas di sini.
Anda: oh berarti bapak pindah karena bapak lihat masa depan karier bapak terlihat jelas diperusahaan baru.

Kata-kata pendek pembangkit semangat:
lalu bagaimana…..
kemudian…..
lalu…..
oh ya…..
oh, begitu…
 
2. Tataplah mata mitra bicara Anda

Jika Anda menatap ke arah lain ketika berbicara, jelas itu menunjukkan bahwa Anda tidak menaruh perhatian kepada apa yang sedang dikatakan. Orang akan merasa tidak dihargai dan Anda dianggap bukan seorang pendengar yang baik.

3. Condongkanlah kepala kepada lawan bicara Anda

Biasanya orang akan menarik kepala jika merasa bosan atau tidak tertarik. Sebaliknya, Anda bisa mencondongkan kepala untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik mendengarkan mereka tidak peduli Anda suka dengan topik pembicaraan atau tidak.

4. Anggukkanlah kepala

Mengangguk ketika Anda mendengarkan orang lain adalah resep yang manjur sebagai pendengar yang baik. Tapi jangan mengangguk terlalu cepat seperti burung pelatuk! anggukan kepala dengan kecepatan sedang dan tunjukkan mimik wajah penuh perhatian.

5. Jangan memotong percakapan

Jangan tergesa-gesa memotong percakapan. Biarkan orang menyelesaikan pembicaraan dan kita sabar mendengarkan. Jika seseorang dibiarkan menyelesaikan percakapan mereka, akan tiba saatnya mereka mendengarkan Anda dengan penuh perhatian. Jika Anda melakukannya, Anda akan menjadi komunikator unggul.

CATATAN PENTING!

Saat ini kita hidup di era teknologi. tepatnya era komunikasi SOCIAL MEDIA. Jika melihat sekeliling Anda, banyak yang memiliki SMART PHONE, TABLET yang terkoneksi SOCIAL MEDIA. Dimanapun berada orang sibuk update status BB, tulis wall di FB, tweet dll.

Hal yang harus diperhatikan untuk menjadi pendengar yang baik adalah JANGAN update BB,FB,tweet, membaca ataupun membalas SMS, dan menelpon saat Anda berbicara dengan seseorang.
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: