lazada

Kekurangan Bisnis Multi Level Marketing

p_kekurangan_bisnis_multi_level_marketing

Dalam berbagai macam bisnis,pastilah memiliki segi kelebihan dan kekurangan. Biasanya untuk prosentasi dengan kelebihannya lebih kecil. Pada perusahaan MLM kebanyakan senjata utamanya adalah barang atau jasa yang mereka jual, tetapi tidak kesemuanya barang atau jasa yang mereka produksi laku keras dipasaran. Kecenderungan MLM lebih memilih produk kesehatan,kecantikan,makanan dan fashion. Mereka memilih sektor ini,karena banyak peminat. Kehebatan sistem mereka sebenarnya bukan Cuma dari kekuatan produknya saja,melainkan ada banyak sisi yang mendukung perusahaan MLM menjadi besar,yakni promosi,member,kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sebagai batasan pembicaraan kali ini adalah kekurangan yang dimiliki sebuah perusahaan MLM. Sebelum member untuk sebuah perusahaan MLM alngkah baiknya belajar dari sisi kekuarangannya juga.

Kekurangannya sebagai berikut :

1.      Sistem yang lebih menghasilkan,lebih disukai

Pandangan seperti ini jangan ditiru, karena bila kita Cuma bertahan dalam satu produk saja, yang dimana kita merasa produk ini bagus buat kita maupun konsumen hanyalah membuat kita mati suri. Karena kita mengandalkan satu perusahaan saja,sudah merasa nyaman akan hasil yang dicapai. Lebih baik mencari sampingan sebagai member lain, hal ini dapat membangun jiwa leadership dan kewirausahaan anda. Sehingga nanti setelah tidak lagi menajdi member MLM,bisa juga membuat usaha sendiri dengan menggunakan sistem yang sama tetapi bisa lebih baik.

2.      Harga Produk lebih mahal

Tahu kah kalian,mengapa harga produk jauh lebih mahal? Hal ini dikarenakan pengalihan biaya promosi ke biaya reward untuk para member yang sudah melampaui beberapa level yang disediakan. Sebagai gambaran, kalau perusahaan A memanfaatkan promo melalui distributor dilapangan kemungkinan barang dari perusahaan A melewati beberapa distributor. Perusahaan Aà distributor à grosir à eceran/retail à konsumen. Berbeda dengan menggunakan strategi MLM,meski ketercapain produk ke konsumen lebih cepat, tetapi jalan untuk mencapai ke konsumen melalui beberapa level member. Hal ini yang menyebabkan biaya membengkak,karena digunakan untuk reward setiap member yang berhasil dalam penjualan produk.

3.      Devisa negara semakin hilang

Karena kebanyakan produsen MLM adalah perusahaan dari luar negeri. Ini mengakibatkan proses perekonomian dan hasil keuntungannya lari ke kas luar negeri.

4.      Bisa mengganggu orang lain

Up line dan sistem MLM biasanya mengajarkan untuk merayu konsumen,kadangkala ada yang mengajarkan untuk bagaimana caranya biar si calon member minimal bisa masuk ke member dulu. Hal ini biasanya secara tidak sengaja terjadi pemaksaan keanggotaan.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: