lazada

Direct Selling, Money Game, dan MLM

p_direct_selling_money_game_dan_mlm

Bagaimana cara membedakan sistem bisnis Direct Selling, Money Game, dan MLM? Berikut ini inti dari sistem masing-masing sehingga anda bisa membedakannya dan bisa mengetahui apakah perusahaan yang akan anda ikuti mampu untuk mengembangkan skill dan pendapatan anda.  Berikut ini perbedaaan dari Direct Selling, Money Game, dan MLM :

Direct Selling

Direct Selling (Penjualan Langsung) adalah Metode penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara tatap muka di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh Mitra Usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar. Perusahaan yang menggunakan sistem Direct Selling berorientasi pada penjualan. Setiap member dari perusahaan ini 80% kegiatannya diarahkan kepada penjualan atau menciptakan omset pribadi dan 20% kegiatannya mengembangkan jaringan. Namun dalam jangka panjang, member dari perusahaan Direct Selling ini akan merasa kelelahan seiring bertambahnya usia, mulai ringkihnya tubuh, atau pun hal lain yang mana tidak seperti sedia kala pada saat muda dan ujung-ujungnya dia akan mulai mengalami penurunan omset sehingga bonus yang dia terima pun akan mulai menurun dan bahkan tidak menerima bonus sepeserpunKondisi seperti ini jika dimasukkan dalam salah satu kategori kuadran dari Robert T.Kiyosaki akan dikategorikan masih berada di kuadran kiri yang mana dalam jangka panjang ketika dia pensiun akan dipastikan miskin dan hidup dalam belas kasihan orang lain, baik belas kasih anak, menantu, keluarga, atau mungkin parahnya belas kasih orang lain sekalipun saat mudanya memiliki bonus penghasilan puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

Money Game

Banyak paparan yang menjelaskan bagaimana sih kegiatan Money Game. Namun berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang saya dapat di lapangan, cara membedakannya ternyata sangat mudah sekali, yaitu tinggal dites dengan menggunakan 1 (satu) pernyataan saja, yaitu:

Jika dalam perekrutan member, si perekrut mendapatkan bonus uang dari pendaftaran member baru DAN ATAU mendapatkanpoint/Bussines Value (BV), maka bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut bersifat Money Game.

Logika tersebut didasari hal-hal bahwa:

Jika si perekrut mendapatkan uang dan atau point/BVdari merekrut member baru, maka yang sering terjadi adalah dia tidak peduli bagaimana menciptakan omset, padahal yang namanya bisnis harus menjual sesuatu. Semangat yang timbul dari sistem seperti ini adalah semangat bagaimana memanfaatkan orang lain. Lebih lanjut lagi, kegiatan seperti ini adalah bentuk halus dari bagaimana memperdagangkan orang (Trafficking). Setiap orang dianggap sebagai titik, bukannya sebagai mitra usaha yang perlu kita bina dan kita bimbing. Setiap masalah yang dihadapi oleh downline-nya dianggap sebagai masalah pribadinya yang tidak perlu upline-nya ikut campur, membantu selesainya masalah dia. Semangat yang dibudayakan dalam kegiatan seperti ini adalah “Bussines is Bussines”, “masalah kamu ya selesaikan sendiri jangan dicampur adukkan dengan urusan bisnis dunk!!”

Multi Level Marketing

Multi Level Marketing atau juga memiliki istilah lain Network Marketing adalah metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya. Perusahaan mendorong 80% kegiatan membernya ke arah bagaimana membangun aset bisnis jaringan serta membinanya dan 20% kegiatannya melakukan penjualan atau menciptakan omset pribadi yang setiap bulannya ditarget guna membuka semua kesempatan mendapatkan reward atau bonus atas hasil kerja kerasnya. Jika omset pribadi tidak dilakukan bahkan tidak peduli terhadap omset, maka bonus tidak akan pernah dia dapatkan walau sebanyak apapun dia merekrut member baru dalam bulan tersebut. Semangat yang diciptakan dalam bisnis ini adalah memberdayakan orang, bukannya memperdayakan orang. Budaya yang diciptakan dalam kegiatan member MLM ini adalah budaya saling membantu dan menyemangati serta selalu berusaha menciptakan kondisi lingkungan positif.

sumber : http://monmonvandemon.wordpress.com/2011/03/01/membedakan-direct-selling-money-game-dan-mlm/
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: