lazada

Beberapa Jenis Marketing Plan Perusahaan MLM

p_beberapa_jenis_marketing_plan_perusahaan_mlm

Marketing Plan (MP) dari sebuah perusahaan Multi Level Marketing (MLM) berbeda satu sama lain. Marketing plan dari sebuah perusahaan MLM wajib anda dimengerti dan dipahami sebelum bergabung dalam bisnis MLM agar anda tidak mudah tergiur dengan iming-iming bonus besar tapi akhirnya malah tertipu dan menuduh bahwa bisnis MLM buruk.

 

Beberapa sistem markerting plan yang digunakan perusahaan MLM antara lain :

1.    Sistem Binary Plan

Sistem Binary Plan ini mengutamakan pengembangan jaringan hanya dua leg saja dan mengutamakan keseimbangan jaringan. Semakin seimbang jaringan dan omset bisnis anda dalam perusahaan MLM seperti ini, semakin besar bonus yang anda terima. Namun jika tidak seimbang, maka bonus-bonus tersebut mengalir deras ke dalam perusahaan. Biasanya sistem Binary Plan ini diusung perusahaan-perusahaan MLM yang dibuat oleh orang Indonesia. Biasanya perkembangan jaringan perusahaan yang menggunakan sistem Binary Plan relatif cepat sekali. Mitra-mitranya cepat mendapat bonus besar. Namun biasanya juga perusahaannya hanya bertahan kurang dari sepuluh (10) tahun saja bahkan kurang dari lima (5) tahun. Agar terlihat semakin mudah mendapatkan uang, mitra-mitra dari perusahaan seperti ini menerapkan aturan mendapatkan uang sebagai bonus dari perekrutan mitra yang mereka ajak (bonus sponsoring). Ini artinya mereka seperti halnya memperjualbelikan orang-orang (trafficking) dalam cara halus. Sistem ini biasanya memberikan bonus besar di awal karir saja sebagai iming-iming bahwa menjalankan bisnis MLM bersistem binary ini sangat mudah. Kenyataannya sistem binary ini menciptakan kesimpulan bahwa yang diuntungkan adalah mitra yang join di awal. Karenanya, MLM dengan sistem ini tidak pernah mendapatkan sertifikasi syariah bagi sistemnya.

Dalam perusahaan seperti ini biasanya juga memungkinkan anda untuk membeli posisi tertentu sehingga anda dapat memperoleh peringkat tertentu tanpa bersusah payah mengerjakannya. Pun memungkinkan anda memiliki beberapa posisi dengan satu nama pribadi yaitu milik anda sendiri. Sangat mengherankan bukan?! Namun begitu lah karakternya! Oleh karenanya, banyak leader-leader perusahaan seperti ini memiliki karakter memanfaatkan orang. Jiwa kepemimpinannya dipupuk dengan cara-cara yang salah. Berikut ini gambaran jaringan yang bersifat Binary Plan:

Dalam beberapa kasus, bahkan Board of Director perusahaan seperti ini juga berlaku sebagai pioner atau pemain juga. Jadi siapa wasit siapa pemainnya tidak jelas bukan?!

2. Sistem Matrix

Sistem matrix ini pengembangan jaringannya menggunakan konsep hanya 3 frontline saja dan begitu pula selanjutnya ke bawah. Jenis sistem ini muncul untuk mengakali sistem binary yang dianggap money game. Namun tetap perusahaan MLM yang menggunakan sistem ini biasanya tidak bertahan lama.

3. Sistem break Away

Sistem ini pengembangan jaringannya mengutamakan kelebaran. Semakin banyak frontline anda, semakin besar bonus anda. Namun kelemahannya adalah, anda harus mengurus semuanya sendiri. Sistem ini memungkinkan downline untuk melebihi upline-nya. Bonus yang didapat mitranya biasanya kecil di awal, namun besar di peringkat atas. Dikarenakan bonus member di awal karirnya kecil, maka biasanya perusahaan seperti ini mengandalkan iming-iming bonus perekrutan.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: